Minggu, 09 November 2014

Manfaat Kulit Durian

Aroma bau yang khas dan mudah sekali dikenali oleh setiap orang ketika pertama kali mencium baunya pasti seorang akan mudah menebaknya buah apa itu. Ya, buah durian. Durian dengan aroma yang sangat khas mudah sekali dikenal oleh setiap hidung. Namun bagi seorang yang tidak menyukai buah ini terutama karena baunya pasti akan merasa terganggu dengan aroma dari durian ini. Banyak juga pecinta buah durian yang selalu tak ingin ketinggalan untuk menikmatinya ketika musim durian telah tiba.

Terkadang mereka mau merelakan merogoh kocek dalam-dalam demi merasakan nikmatnya buah durian. Harga durian bisa di katakan lumayan tergantung masing-masing jenis durian. Jenis durian yang dapat kalian temui di Indonesia ini diantaranya yakni, durian montong buah ini biasanya menonjol dan berukuran besar, memiliki rasa legit dan aroma harum yang banyak disukai oleh para konsumen. Durian petruk, buah ini memiliki rasa yang lebih legit dibandingkan dengan jenis durian lain, ciri dari buah ini adalah rasa yang sangat manis, bentuk buah lonjong alur seperti buah belinbing, bau buahnya menyengat dan daging buahnya tebal. Masih banyak lagi jenis durian yang dapat ditemui seperti durian matahari, durian mimar, durian candy, dan sebagainya.

Tidak hanya pada daging buah saja yang dapat di konsumsi, namun kulit durian yang sangat tajam itu pun memiliki banyak manfaat terutama manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Khasiat yang teradapat dalam kulit durian diantaranya :

1. Sebagai obat sakit perut: caranya kuliat durian diambil kemudian kita lumatkan dengan cara ditumbuk atau juga bisa diblender. Setelah itu lumatan kulit yang sudah menjadi halus kita ambil kemudian di tempelkan pada perut kita yang sedang sakit hingga rasa sakit pada perut berkurang dan biarkan sampai lumatan itu mengering.

2. Untuk mengatasi sembelit: caranya sama seperti mengobati sakit perut dengan cara kulit durian dilumatkan terlebih dahulu.

3. Sebagai obat bisul : caranya ambil sekucuknya kulit durian lalu cuci hingga benar-benar bersih. Kemudian bakar kulit durian hingga menjadi arang dan berwarna hitam (menjadi arang bukan abu). Setelah itu arang kulit durian di tumbuk hingga menjdi seperti buuk kopi. Setelah itu kita bisa menburkan bubuk kopi durian ke bisul. Cara ini bisa dilakukan 2x sehari.

4. Sebagai pupuk organik : caranya kulit durian tersebut di rebius terlebih dahulu kemudian kita jemur, selanjutnya kuliat durian yang sudah cukup kering ditumbuk dan dicampur dengan air. Pupuk siap digunakan pada tanaman tanpa harus menyiraminya setiap waktu.

5. Sebagai obat nyamuk, pada zaman dahulu banyak orang memnfaatkan kulit durian ini sebagai obat pengusir nyamuk, lalat, dan lain-lain.

Masih banyak manfaat dari kulit durian seperti pengolahan kulit durian menjadi sabun dan lain-lain. Itulah khasiat yang terdapat dalam kulit durian yang biasanya kebanyakan manusia hanya menginginkan nikmat daging buahnya saja dan mengabaikan kulit dengan duri yang tajam. Tidak ada salahnya jika seseorang ingin mencoba dan melakukan pengobatan secara alami. Perlu juga diingat bahwa mengkonsumsi durian yang terlalu berlebihan juga tidak baik untuk tubuh, apalagi bagi para penderita maag sebaiknya memakan buah ini dengan secukupnya saja meski pun durian sebagai buah favoritnya. Dan untuk ibu yang sedang mengandung sebaiknya jangan mengkonsumsi buah ini karena buah ini dapat menggugurkan kandungan jika di konsumsi berlebihan.


kesehatan.kompasaniadotcom

Tidak ada komentar: